Selasa, 13 September 2011

Pengertian Klon dan Kloning


Pengertian kloning yaitu gen-gen yang direkombinasi dan di kembangkan. Kloning berasal dari kataclone yang diturunkan dari bahasa Yunani yaitu klon yang artinya potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini digunakan dalam dua pengertian klon sel adalah sekelompok sel yang identik sifat-sifat genetiknya, semua berasal dari satu sel. Klon gen atau molekuler adalah sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasi dari satu gen yang dimasukan dalam sel inang.
Pengertian kloning ini sering dikonotasikan dengan teknologi penggabungan fragment (potongan) DNA, sehingga pengertiannya identik dengan teknologi rekombinan DNA atau rekayasa genetik. Namun pengertian di luar itu juga masih tetap digunakan,
misalnya  kloning domba dan sebagainya yang merupakan penggabungan unsur inti sel dengan  sel telur tanpa inti. Dengan demikian teknologi kloning ini juga termasuk dalam wacana bioteknologi, malah bisa dikatakan sebagai hal yang mendasar untuk bioteknologi.

Pendapat lain mengatakan kloning adalah teknik membuat keturunan dengan kode genetik yang sama dengan induknya, pada manusia kloning dilakukan dengan mempersiapkan sel telur yang sudah di ambil intinya lalu disatukan dengan sel somatic dari suatu organ tubuh, kemudian hasilnya ditanamkan dalam rahim seperti halnya pada bayi tabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar